*YAKIN ADALAH KUNCI KESUKSESANKU * USAHA ADALAH PROSES PERJUANGANKU * SAMPAI ADALAH PUNCAK KEBERHASILANKU*

Minggu, 25 Desember 2011

ARTHUR Holly Compton


ARTHUR Holly Compton lahir di Ohio, 10 September 1892.
Ia adalah fisikawan AS yang menerima Penghargaan Nobel Bidang Fisika. Penghargaan bergengsi itu ia pegang atas sumbangan pada penemuan sebuah efek yang dinamakan sesuai dengan namanya (efek Compton). Compton menjalani pendidikan di Wooster College dan Princeton.
Saat bekerja di Universitas Washington, St Louis, ia menemukan panjang gelombang sinar X bertambah jika mengalami hamburan. Pada 1923, ia bisa menerangkannya menurut teori kuantum cahaya. Pekerjaan itu telah meyakinkan orang akan kebenaran realitas foton. Sebenarnya Compton sendirilah yang mengajukan kata foton. Setelah menerima Nobel Fisika pada 1927, ia bekerja di Universitas Chicago untuk mempelajari sinar kosmis.
Compton menjelaskan sebenarnya sinar itu terdiri atas partikel yang bergerak cepat. Sekarang, partikel itu dikenal sebagai inti atom dan sebagian besar ialah proton yang berputar dalam ruang dan bukan sinar gama. Compton membuktikan hal itu dengan memperlihatkan intensitas sinar kosmis berubah terhadap lintang dan hal itu hanya bisa diterima jika partikel itu ialah ion yang lintasannya dipengaruhi medan magnet bumi.

0 komentar:

Posting Komentar