*YAKIN ADALAH KUNCI KESUKSESANKU * USAHA ADALAH PROSES PERJUANGANKU * SAMPAI ADALAH PUNCAK KEBERHASILANKU*

Minggu, 25 Desember 2011

Christian Doppler


Christian Doppler 's's keluarga adalah tukang batu yang telah sukses di bisnis Salzburg, Austria dari 1674. Kesejahteraan usaha yang dipimpin untuk pembangunan rumah yang baik dalam Hannibal Platz [sekarang bernama Platz Makart] di Salzburg, di dekat sungai. Christian Doppler dilahirkan di rumah dan keluarga ini, tentu saja, keluarga yang memiliki tradisi akan tumbuh hingga dia mengambil alih bisnis yang tukang batu. Namun ia tidak pernah kesehatan sangat baik dan dia cukup lemah sehingga ia tidak dapat mengikuti di tradisi keluarga.
Doppler dihadiri Salzburg di sekolah dasar dan sekolah menengah kemudian diikuti di Linz. Ayahnya tidak yakin dia potensi akademik dan berkonsultasi dengan guru besar matematika di Salzburg kamar bacaan yang dianjurkan Doppler yang harus belajar matematika di Institut Politeknik Wina. Institut Politeknik yang hanya telah didirikan di 1815, sehingga masih baru pembentukan Doppler ketika ia mulai studi ada di 1822. Dia excelled dalam matematika dan lain studi dan lulus pada 1825. Setelah itu dia kembali ke Salzburg, dihadiri filosofi kuliah di Salzburg kamar bacaan, kemudian pergi ke Universitas Wina di mana ia belajar matematika lebih tinggi, mekanik dan astronomi.
Pada akhir membuat studinya di Universitas Wina di 1829, Doppler diangkat sebagai asisten ke profesor dari mekanik dan matematika yang lebih tinggi di Universitas, Profesor A Burg. Dia dipublikasikan empat makalah matematika pada saat empat tahun Burg's sebagai asisten, ia menjadi yang pertamakontribusi kepada teori sejajar. Assistantship ini hanya sementara dan pos Doppler, agak lebih tua dari kebanyakan lain, mulai mencari pos permanen pada usia 30. Dalam Seidlerova menjelaskan bagaimana aplikasi bekerja pada waktu itu di Austria:
1825 dari semua kosong professorships di Austria politeknik dan universitas yang diisi oleh publik kompetisi. Ini sebenarnya dimaksudkan ujian masuk, dimana pertanyaan ditentukan ... Pelamar di berbagai sekolah dari monarki harus menjawab mereka dalam bentuk tertulis, yang bisa memakan waktu hingga dua belas jam. Bagian dari ujian juga pendek percobaan kuliah di sebuah arbitrary topik di depan komisi ditunjuk. Jawaban yang mati, bersama dengan penilaian dari kuliah, yang kemudian dikirim ke sekolah di mana persaingan telah diumumkan.
Akhir keputusan yang diambil oleh komisi di Wina namun hanya pemohon yang dipilih pada kemampuan mereka mengajar, ada tanda yang lebih tinggi tingkat pengetahuan akan diperlakukan sebagai umpatan terhadap calon. Doppler diajukan dirinya ke sejumlah kompetisi ini, baik untuk sekolah dan universitas tempat. Dia diterapkan untuk sekolah di Linz, Salzburg, Gorizia dan berinteraksi dan untuk matematika yang lebih tinggi dari kursi di Wina Politeknik dan pada tanggal 23 Maret 1833 untuk jabatan profesor dari aritmatika, aljabar, geometri dan teori akuntansi di dalam Teknis Sekolah Menengah Praha.
Sementara ini telah terjadi Doppler harus mendapatkan itu hidup dan ia menghabiskan 18 bulan sebagai pemegang buku di sebuah pabrik pemintalan kapas. Ini adalah masa kesedihan dan kesulitan untuk Doppler besar dan tidak mengherankan bahwa dia memutuskan untuk meninggal jumplang perjuangan dan berhijrah ke Amerika. Dia mulai menjual harta itu dan dikunjungi Konsul Amerika di Munich yang diperlukan untuk membuat perjanjian. Namun, ketika dia dekat dengan membuat keputusan akhir dia menerima tawaran dari pos di Sekolah Teknik Menengah di Praha. Ia memerlukan waktu yang lama untuk proses penunjukan untuk mencapai yang mengambil kesimpulan dan Doppler itu pos pada bulan Maret 1835, hampir tepat dua tahun setelah memasuki persaingan.
Doppler adalah ambisius dan dasar mengajar matematika di Sekolah Teknik ini sangat tidak kepada keinginan. Dia mencoba untuk posting dari guru besar matematika yang lebih tinggi di Politeknik di Praha tetapi tanpa keberhasilan. Namun, selama 1836-38 dia mampu untuk mengajar matematika yang lebih tinggi untuk empat jam seminggu di Politeknik. Ini membawa uang tambahan di mana dia tentu diperlukan sejak dia menikah di 1836.
Doppler tidak mendapatkan kesempatan lain dari sebuah pos di Politeknik Namun, dan pada akhir 1837 dengan jabatan guru di SD dan praktis geometri matematika menjadi kosong. Doppler diasumsikan tugas dari pos tetapi hal-hal yang tidak jelas. Walaupun dia melaksanakan tugas, sebuah kompetisi untuk posting tersebut dilaksanakan pada 3 Oktober 1839. Doppler tidak harus ambil bagian dalam kompetisi itu terluka dengan kenyataan yang dilaksanakan di semua. Dia resmi ditunjuk untuk posting pada bulan Maret 1841.
Doppler tidak mudah memiliki waktu mengajar di Politeknik. Seidlerova menulis di:
Pemeriksaan yang sangat menegangkan. Ketentuan baik lisan dan ujian tertulis harus dilaporkan terlebih dahulu ke Tanah Komite yang juga dinominasikan ujian komisaris. Misalnya, pada bulan Januari dan Februari 1843 Doppler harus memeriksa 256 siswa di 17 hari, baik secara tertulis dan secara lisan, dalam aritmatika dan aljabar. Pemeriksaan itu minimal enam jam setiap hari. Yang sama jumlah siswa Sabtu untuk pemeriksaan dalam "teori geometri" pada bulan Juni dan Juli tahun yang sama dalam dua belas hari pemeriksaan. Selain itu pada bulan Juli dan Agustus ini diperlukan untuk memeriksa 145 siswa di geodesi dalam delapan hari. ... Pada bulan Juli 1847 Doppler diperiksa secara lisan 526 siswa dalam matematika dan 289 di geodesi.
Dengan 1844 Doppler kesehatan, selalu kurang baik, gagal, strain di bawah. Dia harus menyerah mengajar dan diminta meninggalkan sakit. Dia dukungan dari Bolzano yang wrote:
Sulit dipercaya bagaimana subur yang telah di Austria kecerdasan manusia ini. Saya telah ditulis untuk ... banyak orang yang dapat menyimpan Doppler untuk ilmu pengetahuan dan tidak membiarkan dia mati di bawah menyerah. Sayangnya saya takut terburuk.
Situasi tersebut menjadi lebih buruk dengan Doppler siswa persatuan yang dia terlalu keras dalam pemeriksaan. Doppler telah melakukan penyelidikan dan reprimanded sementara siswa diperbolehkan untuk merebut kembali mereka ujian. Doppler total dirinya dianggap bersalah dan menuntut merupakan bersangkutan. Akhirnya merupakan ogah-ogahan telah diambil oleh akhir 1844 Doppler tetapi tidak cukup baik untuk kembali untuk melaksanakan tugasnya sampai 1846.
Dengan waktu yang sulit di Praha, tidak mengherankan Doppler ingin memindahkan dan ia ditawarkan dalam jabatan guru matematika, fisika dan mekanik di Akademi Lombong dan Hutan di Banská Stiavnica. Stoll menulis:
Ketika Doppler kiri Praha untuk Banská Stiavnica, ia tidak menduga bahwa ia tinggal di kota ini akan jadi pendek. Heboh tahun 1848yang berguncang semua bagian monarki dan revolusi kalau di Praha, Wina dan Budapest. Karena situasi politik kerusuhan di Banská Stiavnica menjadi rumit dan Doppler sekali lagi mencari perlindungan.
Dia sekarang sebuah gambar dari beberapa pentingnya sehingga sekarang telah memindahkan dapat dibuat dengan lebih sedikit kesulitan. Dia ditunjuk untuk Politeknik Wina, maka pada tanggal 17 Januari 1850 beliau telah dilantik sebagai direktur pertama dari baru Institut Fisika di Universitas Wina. Doppler telah mencapai titik yang tinggi dari karirnya.
Kualitas apa yang telah dijalankan Doppler melalui perjuangan dari awal pengalaman untuk posisi ini penting? Ianya tidak, tampaknya, ia besar kemampuan matematika, meskipun untuk karirnya sebagai matematika dia selalu singkat dari tingkat paling atas ketika datang ke matematika penelitian. Bahkan ia pegang matematika mungkin bahkan kurang baik daripada ini untuk dia wrote sebuah SD teks aritmatika dan aljabar diterbitkan pada 1843 di Praha. Seidlerova, menjelaskan ini bekerja dalam menulis:
Doppler's penjelasan dilakukan dalam cara yang sangat memprihatinkan dan menunjukkan bahwa pada dasar pertanyaan matematika groped ia lebih dari itu diagungkan berlanjut.
Namun, meskipun Doppler ini tidak memiliki kecerdasan dalam dia. Ini adalah kecerdasan yang melihat dari Bolzano sangat pertama. Bolzano ditinjau pertama kertas yang Doppler diserahkan ke Royal Bohemian Masyarakat Ilmu di 1837. Setelah merekomendasikan Doppler's kertas diterapkan pada analisis untuk publikasi, Doppler Bolzano Komentar tentang dirinya. Praha tanggal 25 September 1839, laporan bacaan:
Mr Doppler telah menunjukkan itu sangat menjanjikan kemampuan ilmiah ke masyarakat melalui berbagai diterbitkan bekerja di matematika dan fisika. Harapan dibangkitkan oleh hingga kini bekerja akan dipublikasikan kalikan ketika memasuki satu pribadi kenalan dengan dia. Anda tidak hanya dipukul oleh berapa sangat menarik dan bermanfaat ide, dalam banyak bidang ilmu pengetahuan, yang sangat muda ilmuwan mampu memproduksi, tetapi juga meyakinkan Anda sendiri dengan terbesar perbaikan yang luar biasa ini menggabungkan kekuatan rohani dengan karakter amiable, asli berubah dengan tekad dan kasih yang murni ilmu pengetahuan dan kebenaran ...
Jadi Bolzano, dirinya yang besar matematika inovator, dapat melihat bakat dalam Doppler. Tidak semua orang bisa melihatnya Namun. Kulik, yang guru besar matematika di Universitas Charles Praha Doppler saat bekerja di Politeknik,:
... tidak memiliki banyak pemahaman dari's keaslian Doppler atau dari cara berpikir intuitif.
Bolzano dipindahkan ke Praha pada 1842 dan menjadi sekretaris ke matematika bagian dari Royal Society Bohemian Ilmu. Dia kemudian di dekat kontak dengan Doppler dan Bolzano wrote di 1844:
Profesor Doppler selama beberapa minggu telah me gembira dengan ide, yang satu lebih cerdas dari yang lain. Saya harus berpikir tentang mereka dan malam hari.
Akan tetapi dua tahun sebelum wrote Bolzano ini, telah Doppler itu paling terkenal ide brilian untuk Royal Society Bohemian. Pada 25 Mei 1842 Doppler disajikan karya Pada berwarna terang bintang ganda dan bintang tertentu lainnya dari langit. The menit dari pertemuan dilaporkan pada Doppler's kuliah:
Mr Doppler berbicara tentang fenomena yang indah yang berwarna terang ganda dan beberapa bintang lain bintang di langit. Dia berusaha penjelasan ini mogok fenomena baru dalam merumuskan teori umum, yang termasuk dalam diri sebagai bagian integral dari teori Bradley.
Makalah disajikan untuk pertama kali Doppler prinsip yang berhubungan dengan frekuensi dari sumber untuk kecepatan yang relatif terhadap sebuah pengamat. Doppler berasal prinsip dalam beberapa baris memperlakukan kedua cahaya dan suara sebagai gelombang longitudinal di langit dan masalah, masing-masing. Doppler salah tentang cahaya menjadi gelombang longitudinal. Bahkan Fresnel telah dipublikasikan teori itu adalah cahaya yang melintasi gelombang tetapi, meskipun telah membaca Doppler Fresnel 's bekerja, ia tidak menerimanya. Namun kesalahan tidak terlalu mempengaruhi hasil Doppler prinsip. Doppler juga telah salah ketika dia mencoba untuk gambaran itu teori dengan aplikasi ke dua warna bintang. Meskipun Doppler adalah benar dalam prinsip yang mengatakan bahwa ia akan mengubah warna dua bintang, tergantung bintang yang telah mendekati atau mundur dari Bumi, efek terlalu kecil untuk menjadi signifikan.
Doppler tidak, namun, membuat prediksi yang luar biasa di kertas:
Ini adalah untuk diterima hampir pasti akan ini di masa mendatang tidak terlalu jauh menawarkan astronomers pesan berarti untuk menentukan pergerakan dan jarak seperti yang bintang, karena mereka unmeasurable jarak dari kami dan kesempitan akibat dari sudut parallactic, sampai saat ini hampir disajikan harapan tersebut pengukuran dan determinations.
Walaupun perubahan warna yang mustahil untuk mengamati dengan instrumen dari waktu, situasi dengan suara agak berbeda. Sebagai awal 1845 sebagai percobaan dilakukan dengan musisi pada kereta api kereta bermain instrumen dan lain musisi terlatih menulis catatan bawah yang terlihat sebagai kereta mendekati mereka dan receded dari mereka. Pada 1846 Doppler diterbitkan versi yang lebih baik kepada prinsip di mana dia dianggap baik gerakan sumber dan gerakan pengamat.
Tidak semua orang tentunya telah immedately yakin dengan teori Doppler's. Kebanyakan cegak lawan-Nya telah Petzval, kali ini oleh guru besar matematika di Universitas Wina. Mereka telah berdasarkan kesalahpahaman, dalam beberapa rasa kedua benar tetapi mereka tidak dapat melihat bahwa mereka bersitegang soal sesuatu yang berbeda.
Tidak ada pekerjaan lain dengan Doppler datang manapun di dekat pencocokan pentingnya dari publikasi pada prinsip Doppler. Dia tidak mempublikasikan pada listrik dan daya tarik, dengan variasi magnetis penolakan dengan waktu serta beberapa publikasi pada optik dan topik astronomi. Pikiran itu akan terus datang dengan ide-ide baru dan sehingga menyebabkan dia mengada-instrumen banyak, terutama optik instrumen, dan meningkatkan yang sudah ada. Kebanyakan dari ide-ide yang cukup revolusioner, dia pasti asli yang sangat pemikir, tetapi di sisi bawah paling tidak hanya akan bekerja dalam praktek. Namun satu dapat sering melihat kuman dari beberapa penemuan penting masa depan ada, meskipun ide seperti disajikan oleh Doppler dasarnya adalah salah.
Doppler mempunyai beberapa kesulitan menjadi anggota dari Royal Society Bohemian meskipun sangat kuat dukungan dari Bolzano dan hubungan baik dengan Masyarakat. Pada 1837, ketika dia diperiksa pertama Doppler kertas yang disampaikan kepada Masyarakat, Bolzano diminta dalam laporan yang Doppler akan terpilih untuk Masyarakat. Hal ini tidak bertindak pada tetapi, pada tahun berikutnya, Doppler telah diajukan kembali dan tidak terpilih dalam undian.
Pada tanggal 28 Juni 1840 Doppler telah eleced perusahaan asosiasi anggota dari Royal Society Bohemian setelah menutup suara dari 7 untuk melawan dan 5. Tentu saja yang muncul setelah dia 1842 kertas dia mendapatkan lebih nikmat untuk beliau dipilih sebagai anggota biasa dari Masyarakat pada tanggal 5 November 1843 dengan 9 suara di hati dan hanya satu terhadap. Pada 1847 dia dipilih dari Wakil Sekretaris Masyarakat dan menjadi salah satu dari pemimpin-pemimpin Masyarakat yang menunjukkan, menurut Bolzano 's kata:
... kasih murni dari ilmu pengetahuan dan kebenaran yang meningkat tinggi di atas narrowminded pihak-roh serta kedamaian kekakuan.
Gelar kehormatan lain yang datang Doppler jalan di 1848 adalah pemilihan untuk keanggotaan biasa dari Imperial Academy of Sciences di Wina dan doktor kehormatan dari University of Praha.
Doppler's pertama kali sebagai Direktur Institut Fisika di Universitas Wina adalah satu pendek. Dia ditunjuk oleh Imperial SK pada tanggal 17 Januari 1850. Nya kesehatan terus memburuk dengan parah dada dan masalah, pada bulan November 1852, ia berkunjung ke Venesia di harapkan pemanas iklim akan membawa beberapa perbaikan. Ia tidak akan, bagaimanapun, dan dengan Maret 1853 itu jelas bahwa dia tenggelam cepat. Doppler istri, yang telah diberikan kepadanya setia mendukung mereka sepanjang perkawinan, harus tetap di Wina dengan tiga anak-anak mereka dan dua anak perempuan menunggu kedatangannya tetapi, pada akhir mewujudkan bahwa ia telah dekat, dia membuat perjalanan ke Venesia dan dengan Doppler ketika dia meninggal .

0 komentar:

Posting Komentar